Selasa, 07 Desember 2010

Kerusakan pada speaker aktif.Kerusakan pada speaker aktif.

Selain televisi, vcd/dvd, peralatan elektronik yang juga saya tangani antara lain adalah speaker aktif. Kerusakan yang saya jumpai antara lain :
  • Speaker mengeluarkan suara dengung. Input/suara dari vcd/dvd tidak masuk ke salon. Kerusakan macam ini disebabkan karena power-amplifiernya terbakar. Penyebab terbakarnya mesin tersebut kemungkinan karena pemakain yang over/berlebih. Sehingga transistor/ic menjadi terlalu panas. Atau bisa juga karena ada kabel output yang mengalami hubungan pendek. (Sifat dari power model OCL kalau pada output terjadi hubungan pendek maka transistor/ic power akan terbakar. Baca artikel saya, Soundsystem).
  • Salon mati sebelah.
    Masalah ini bisa terjadi antara lain karena :
    • Power mati sebelah.Untuk yang bermesin stereo. Perbaikannya adalah melakukan reparasi pada bagian power amplifiernya.
    • Speaker mati.
      Perbaikannya adalah melakukan penggantian loudspeaker.
  • Saat saklar power dihidupkan aliran listrik rumah mati.
    Penyebab dari masalah ini adalah trafo catu daya mengalami korsleting, mungkin karena terbakar atau mutu kawat email/bahan trafo kurang baik(untuk yang pakai trafo sebagai sumber catu daya). Perbaikan hanya bisa dilakukan dengan mengganti trafo catu daya-nya. Sedang jika catu dayanya dipakai rangkaian switching/ac-matic, mengatasinya adalah melakukan reparasi bagian ac-maticnya.
  • Ada suara kemresek ketika potensio-potensio pengatur volume, bass dan treable diputar.
    Yang ini mungkin andapun sudah tahu. Sebaiknya potensio diganti, tapi bila pelanggan menginginkan supaya dibersihkan saja, saya bersedia melaksanakannya.
  • Kemasukan hewan(biasanya tikus).Masalah ini juga sering saya temui. Asal belum terkena cairan dari binatang tadi, besar harapan untuk bisa diperbaiki. Tapi jika sudah terkena cairan pada pcbnya, rasanya sulit untuk diperbaiki. Jalan satu-satunya adalah mengganti mesin/powernya.

1 komentar:

  1. maaf saya mau bertanya bagaimana caraya apabila ada salah satu kompenen pcb yang mengalami kerusakan namun namun saya kurang ahli dalam mencari kompenen yang rusak itu bagaimana cara menganalisisnya apa harus satu persatu di cek dengan avo meter

    BalasHapus